Jumat, 18 September 2020

Simak Informasi Berikut Sebelum Mengunjungi Taman Laut Bunaken

Simak Informasi Berikut Sebelum Mengunjungi Taman Laut Bunaken
Sumber: https://limakaki.com/

Sulawesi tidak pernah ada habisnya memberikan kekayaan alam melimpah nan indah. Salah satu yang menjadi andalannya adalah Taman Laut Bunaken. Terletak di Provinsi Sulawesi Utara, bersama dengan Likupang, Tomohon dan banyak lainnya, Taman Laut Bunaken memberikan warna pada pariwisata Indonesia. Diresmikan pada tahun 1991 Taman Laut Bunaken merupakan taman laut pertama di dunia. Memiliki luas wilayah 890,65 km² dengan 97% wilayah berupa laut dan 3% sisanya berupa daratan. 

Bagian dari Segitiga Karang Dunia

Sumber: https://manadobunaken.co.id/

Taman Laut Bunaken terletak di segitiga karang dunia. Ini karena Bunaken adalah habitat bagi 390 dari 820 spesies terumbu karang yang ada di dunia. Selain itu, setidaknya ada 90 spesies ikan yang hidup di sini. Penghuni paling terkenal di bawah laut Bunaken adalah salah satu jenis penyu yang langka yakni penyu sisik. Berkat kekayaan bawah laut nya, Bunaken pun berhasil masuk ke dalam daftar World Natural Heritage. Dan untuk menikmati keindahan tersebut di sini terdapat 20 titik penyelaman dengan tingkat kedalaman air yang beragam. 

Selain kekayaan bawah laut, Taman Laut Bunaken juga merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia. Ekosistem di sini terbilang lengkap karena terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan.

Rute dan Transportasi Ke Taman Laut Bunaken 

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Sulawesi bisa menempuh jalur udara dan turun di Bandara Sam Ratulangi Manado. Dari Manado ada berbagai tempat yang menyediakan transportasi laut menuju Taman Laut Bunaken, yakni pelabuhan Marina Blue Banter, Marina Nusantara Diving Centre (NDC), Marina dan Pasar Bersehati. Anda hanya membutuhkan waktu 20 menit perjalanan menuju Bunaken dari NDC dan 30 menit dari Marina Blue Banter. Pilihan lainnya adalah dengan menyewa kapal dari Pasar Bersehati atau Marina. Perjalanan dari dua tempat ini menuju ke Bunaken biasanya memakan waktu lebih lama yakni 40 menit. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati sekitar IDR 300.000 sampai IDR 400.000. Tarif akan lebih mahal jika Anda berangkat dari Marina, yakni IDR 600.000 sampai IDR 800.000 karena dari sini Anda akan menaiki moda transportasi berupa kapal pesiar.  

Tiket Masuk

Bagi wisatawan domestik, tiket untuk memasuki Taman Laut Bunaken sangat terjangkau. Cukup merogoh kocek sebesar IDR 5.000 tiket taman laut ini sudah ada di tangan. Sementara biaya masuk untuk wisatawan mancanegara jauh lebih mahal yakni IDR 50.000 per orang per malam dan IDR 150.000 per tahun. Biaya ini tentunya di luar biaya sewa peralatan snorkeling atau diving. Untuk snorkeling, biaya sewa peralatan selam berupa masker dan kaki katak dikenakan sebesar IDR 100.000 hingga Rp 150.000 per jam. Sementara untuk diving, biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar yakni IDR 1 jutaan. Biaya lainnya yang mungkin Anda keluarkan yakni sewa kamera underwater sebesar IDR 200.000. 

Akomodasi di Taman Laut Bunaken

Untuk menghemat anggaran, Anda bisa menginap di rumah warga selama masa liburan Anda di Bunaken. Biaya untuk menginap di rumah warga biasanya hanya berkisar antara IDR 100.000 sampai IDR 200.000. Anda pun bisa berbagi biaya masak untuk makan per hari. Sementara untuk hotel atau resort biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Untuk kedua tipe penginapan ini setidaknya harus mengeluarkan biaya mulai dari IDR 200.000 hingga IDR 1.000.000 per malam. 

Bunaken mempunyai banyak pilihan wisata bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke sana. Ingin wisata gaya backpacker atau mewah semua tersedia di sini. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar