Kamis, 09 September 2021

Efektifkah Bawang Merah untuk Mengobati Flu pada Bayi?

Efektifkah Bawang Merah untuk Mengobati Flu pada Bayi?

Bawang merah sering kali digunakan untuk mengobati flu pada bayi. Namun, apakah cara tersebut efektif dan aman untuk ibu lakukan? Simak jawabannya di sini ya!

Beberapa cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah

Bawang merah seringkali menjadi andalan jika bayi terserang flu. Ada beberapa metode tradisional dengan memanfaatkan bawang merah untuk bayi. Namun, apakah cara ini efektif dan aman? Yuk, simak pembahasan berikut.

1. Menaruh bawang merah di dalam ruangan

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang biasanya dilakukan adalah menaruhnya di dalam ruangan. Beberapa orang beranggapan bahwa aroma bawang dapat membersihkan ruangan dengan mematikan virus dan bakteri. Disinyalir bahwa bawang mengandung sulfur yang berperan dalam membunuh bakteri dan virus di ruangan.

Meskipun benar bahwa bawang mengandung sulfur yang tinggi, tetapi tidak ditemukan penelitian yang membuktikan bahwa sulfur pada bawang dapat memberikan efek tersebut. Aroma bawang merah bisa jadi bermanfaat untuk tujuan lain, seperti efek dekongestan atau melegakan hidung tersumbat.

Lauren Feden dalam bukunya berjudul Natural Baby and Childcare berpendapat bahwa aroma bawang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pendapat tersebut.

2. Menaruh potongan bawang merah ke kaki bayi

Cara lain yang seringkali dilakukan untuk mengobati flu pada bayi adalah menaruh potongan bawang merah ke kakinya atau menyelipkannya di balik kaos kaki. Kemudian orangtua akan membiarkannya semalaman.

Metode ini sudah dilakukan sejak turun temurun. Menaruh bawang merah di kaki dianggap memiliki efek reflksologi yang dapat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh.

Namun, penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Maturitas menyatakan bahwa cara ini tidaklah efektif. Kebanyakan pendapat yang mengaitkan efek refleksologi pada bawang merah tidak memiliki dasar ilmiah yang memadai.

Di sisi lain, sebaiknya Anda berhati-hati terhadap cara ini. Jangan sampai kulit bayi yang sensitif malah terkena iritasi akibat bawang yang menempel di kakinya sepanjang malam. Menaruh bawang ke kaki bayi juga cenderung membuatnya menjadi tidak nyaman. Padahal jika sedang sakit, si kecil membutuhkan tidur yang berkualitas untuk membantu proses penyembuhannya.

3. Membalurkan bawang merah ke dada dan punggung bayi

Cara lain yang biasanya dilakukan untuk mengobati flu pada bayi adalah membalurkan bawang merah yang sudah dihaluskan ke dada dan punggung. Kemudian membungkus badan si kecil dengan selimut.

Para orang tua zaman dulu menganggap bahwa cara ini dapat membuat bayi lebih hangat sehingga meredakan flu. Meski demikian, sebaiknya Anda berhati-hati mempraktikkan cara ini untuk buah hati Anda. Pasalnya, bawang yang ada di tubuh bayi dapat menyebabkan iritasi kulit. Terutama jika bercampur dengan keringat.

Bayi memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi daripada manusia dewasa, sehingga ia lebih cepat gerah. Meskipun menghangatkan bayi adalah cara yang tepat untuk meredakan gejala flu, tetapi ibu harus selalu mengecek kondisi si kecil. Segeralah ganti pakaian dan selimutnya jika ia berkeringat.

4. Menghirup bawang merah

Cara lain yang seringkali dilakukan untuk mengobati flu pada bayi adalah menghirup bawang merah. Biasanya, orang tua di masa lalu menorehkan parutan bawang yang sudah dihaluskan pada baju atau selimut yang bayi kenakan. Tujuannya agar bayi dapat mencium aroma bawang tersebut.

Namun, sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa belum ada bukti ilmiah yang mendukung efektivitas aroma bawang untuk mengobati flu.

Di sisi lain, Anda harus berhati-hati mempraktikkan cara ini, karena bawang yang diletakkan terlalu dekat dengan si kecil akan berisiko membuat matanya perih.

Untuk mendapatkan bawang merah dengan kualitas terbaik tersebut, Anda bisa berbelanja di TaniHub. Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau langsung dari petaninya.

Bukan hanya bawang merah, Anda juga dapat membeli aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Yuk belanja di TaniHub 😊

0 komentar:

Posting Komentar