Iklan

RajaBackLink.com

Anak Kembali Sekolah Tatap Muka, Yuk Jaga Imun Dengan Air Minum Berkualitas


Sekolah tatap muka di beberapa daerah sudah mulai berlangsung. Banyak yang setuju, namun tak sedikit pula yang menentang.

Kesehatan anak jadi salah satu kekhawatiran orangtua saat sekolah tatap muka berlangsung. Itu sebabnya, kesiapan pihak sekolah maupun orangtua menjadi hal yang penting untuk menjaga agar jangan sampai terjadi klaster sekolah tatap muka.

Sejak awal bulan Juli lalu, vaksin COVID-19 sudah bisa diberikan kepada anak-anak di Indonesia. Namun, tidak semua anak bisa mendapatkan vaksin tersebut, melainkan hanya anak-anak yang berusia 12–17 tahun [1]. Hal tersebut juga menjadi bahan pertimbangan para orang tua untuk memperbolehkan anak mereka untuk kembali ke sekolah.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa sistem kekebalan tubuh yang baik dapat dibangun dengan gaya hidup sehat, terutama makan makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, serta tidur yang cukup. Kekebalan tubuh yang optimal dapat menjadi penghalang risiko seseorang dalam tertular dengan infeksi COVID-19 [2].

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga imunitas anak:

1. Ajarkan Anak Menjaga Kebersihan Pribadi

Hal yang paling mendasar dalam menjaga kebersihan selama pandemi ini adalah dengan rajin mencuci tangan. Biasakan anak mencuci tangan sesering mungkin, terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah pulang sekolah. 

Selain itu, ikuti juga protokol kesehatan yang diterapkan di sekolah bila nanti ibu memutuskan untuk mengizinkan anak kembali ke sekolah. Ingatkan buah hati untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dengan teman-temannya, dan tidak berkerumun [3].

2. Ikuti Jadwal Imunisasi

Meski saat ini anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak bisa mendapatkan vaksin COVID-19,  tetapi pastikan ibu memberikan imunisasi lain yang dibutuhkan anak sesuai jadwal untuk kesehatannya jangka panjang. Tanyakanlah pada dokter anak mengenai vaksin apa yang diperlukan anak pada usianya [3].

3. Beri Makanan Sehat Berwarna-warni

Para ahli setuju bahwa pola makan yang baik untuk mendukung imunitas tubuh yang kuat adalah yang memiliki nutrisi seimbang. Oleh karena itu, penulis buku Food Love Family: A Practical Guide to Child Nutrition, menyarankan agar orangtua meningkatkan variasi buah dan sayuran sebanyak mungkin.

Seng dan vitamin B, C, dan A adalah beberapa mikronutrien yang bisa membantu sel-sel kekebalan untuk melawan infeksi. Seng bisa didapatkan melalui makanan, seperti tiram, daging merah, unggas, kacang-kacangan dan makanan laut. Sedangkan vitamin A bisa ditemukan melalui makanan, seperti ikan salmon, jeroan, sayuran berdaun hijau dan produk susu. Hampir semua kelompok makanan mengandung vitamin B dalam tingkat yang bervariasi. Sedangkan buah jeruk, brokoli, stroberi, dan tomat bisa memberi asupan vitamin C yang tinggi [3].

4. Jaga Kesehatan Usus Anak

Selain buah dan sayur-sayuran, makanan probiotik adalah makanan sehat lainnya yang juga bisa ibu berikan. Contohnya, yoghurt, kefir, kimchi, asinan kubis, dan lain-lain. Makanan probiotik tersebut bisa mendukung mikrobioma di saluran pencernaan anak yang berperan penting untuk membantu menjaga imunitas anak tetap berfungsi dengan baik [3].

5. Pastikan Anak Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup juga penting untuk fungsi kekebalan tubuh, karena tidur adalah waktu ketika tubuh beregenerasi. Jadi, dorong anak-anak untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam [3].

6. Dorong Anak untuk Berolahraga

Sama halnya dengan orang dewasa, Berolahraga bisa membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres yang diketahui bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh untuk anak. Itulah mengapa penting untuk mendorong anak untuk berolahraga secara rutin. Hal itu juga bisa membantu anak tetap kuat dan bugar. Mengajak anak untuk berolahraga di tempat terbuka di luar rumah mungkin bisa membuat anak bisa bermain dan berlarian dengan senang di masa pandemi ini [3].

7. Cukupi Hidrasi Harian

Taukah Anda? Bahwa air mineral selain dapat menghilangkan dahaga juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan memenuhi asupan air secara rutin maka kinerja tubuh akan tetap sehat dan memelihara sistem kekebalan tubuh. Proses pengantaran oksigen dalam tubuh ke organ-organ penting menjadi lebih lancar .

Selain itu, air minum yang berkualitas mampu membersihkan racun yang berbahaya dari tubuh. Badan yang sehat juga akan ditopang dari kesehatan organ berkat asupan air berkualitas [4]. Selama kegiatan sekolah berlangsung, pastikan sang buah hati tercukupi nutrisi dan hidrasi hariannya agar imun tetap terjaga sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Namun, untuk memiliki tubuh yang sehat butuh sumber air minum yang baik. Dengan air minum yang berkualitas maka kandungan mineralnya terjaga secara penuh dari pegunungan hingga dapat dikonsumsi.

Setiap tetes air minum berkualitas juga mampu menjaga kinerja tubuh dan mendukung kegiatan sehari-hari. AQUA tetap terpercaya selama lebih dari 48 tahun untuk memberikan air minum yang berkualitas.

AQUA menggunakan syarat 9 kriteria, 5 tahapan seleksi dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geohidrologi dan geologi. Lebih dari 17 mata air pegunungan terjaga di Indonesia secara hati-hati diantarkan langsung hingga ke tangan konsumen.

AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan mineral baik di dalam AQUA mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri. Hal yang dilakukan AQUA ini merupakan salah satu peran penting dari menghasilkan air minum berkualitas.

AQUA juga menghadirkan produk AQUA kids dengan bentuk botol yang unik dan berbagai karakter menarik sehingga minum lebih menyenangkan dan si kecil bisa lebih rajin minum air. AQUA kids berukuran 330 ml yang pastinya tidak berat untuk dibawa dalam tas sekolah anak.

Posting Komentar

0 Komentar